Minggu, 11 April 2010

Trackball





Tak bisa dipungkiri, Black berry menghidupkan tren QWERTY di dunia seluler. Namun tak hanya itu terobosan yang dibuat oleh RIM. Alata navigasi seperti trackball pun seolah menjadi ciri khas vendor Kanada itu. setelah trackball, BlackBerry merilis seri dengan alat navigasi yang berbeda, yaitu trackpad. lalu apa bedanya? apa keunggulan dan kekurangan masing-masing?

TRACKBALL
sebenarnya sebelum BlackBerry naik daun, kita sudah cukup mengenal alat navigasi ini. trackball yang mudah ditemui adalah pada mouse. alat ini biasanya ditempatkan pada socket pada sensor untuk mendeteksi rotasi bola. Trackball pertama kali ditemukan oleh Tom Cranston dan Fred Longstaff sebagai bagian dari Royal Canadian Navy's DATAR sistem pada 1952, sekitar 11 tahun sebelum mouse ditemukan kemudian di tahun 2006 BlackBerry menggunakan TrackBall tepatnya bulan desember.

Kelebihan
karena cara kerjanya serba mekanis bisa dibilang trackball lebih tahan banting menghadapi minyak dan kelembapan di jari tangan ketimbang trackpad.

Kekurangan
debu bisa masuk ke sela-sela dan menyebabkan pergerakan bola ngadat. Namun bisa diganti atau dibersihkan setiap enam blan sekali. Tentu saat mengganti trackball anda merusak garansi yang ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar